Pages

Senin, 10 Februari 2014

I Fu Mie



masing-masing teknik menghasilkan cake dengan tekstur yang berbeda pula.  Itu baru cake, belum lagi roti atau pastry.  Selalu ada inovasi terbaru di dunia baking.  Masih ingat metode tangzhong dalam membuat roti, kan?  Betapa banyak orang yang tergila-gila dengan cara ini karena akhirnya kita bisa membuat roti yang lembut meski tanpa bantuan bahan kimia pelembut roti.  Dunia yang menarik untuk dipelajari.

Karena saya gak begitu pandai memasak, maka jangan heran ya di blog ini gak ada resep masakan yang saya posting.  Yang pandai memasak makanan enak itu Ibu saya, tapi gak pernah tuh pake patokan 5 btr cabai, 100 ml santan, atau 1 sdt garam, dll  ala buku resep gitu.  Semuanya serba pakai feeling dan sistem ‘sesuai selera’.  Jadi tetap aja gak bisa dituliskan resepnya sehingga menjadi resep yang bisa diikuti semua orang.  Tiap orang punya feeling yang berbeda, kan? :)  Ntar kalau hasilnya gak sesuai yang diharapkan pada komplen ke saya semuanya….:)  Tapi berhubung minggu kemarin hari spesial,….kenapa spesial?  Karena tumben hari itu gak ada telur di kulkas, jadi saya gak bisa bikin cake.  Jadi karena kemarin hari spesial, saya pengen keluar sebentar dari ‘dunia’ saya (baking), saya masak, tapi sesuatu yang simpel aja.  I Fu Mie…..  Cuma tumis-tumis aja dan macam bahan (sayur atau daging) untuk sausnya pun bisa disesuaikan dengan yang sedang ada di rumah saja.  Simpel dan enak.  So, ini dia persembahan masakan pertama saya di blog Dapur Vanilla…. hehehe….(apaan coba…!)



I Fu Mie

Bahan:
2 bh i fu mi kering

Saus:
1 bh bawang bombay, potong-potong besar
2 siung bawang putih, iris halus
1 cm jahe, memarkan
100 gr paha ayam fillet, iris panjang
100 gr udang
5 bh bakso sapi, potong-potong
100 gr wortel. iris serong
100 gr kembang kol, potong-potong menurut kuntumnya
100 gr pokcoy, potong-potong
3 sdm saus tiram
Garam, merica & gula secukup rasa
600 ml kaldu sapi atau air juga bisa
2 batang daun bawang, iris miring
2 sdm tepung sagu + 2 sdm air, larutkan
1 ½ sdm minyak wijen

Cara membuat:
1.   Saus: tumis bawang putih, bawang bombay dan jahe sampai harum.  Masukkan ayam dan udang.  Aduk sampai berubah warna.   Tambahkan bakso.  Aduk rata.
2.   Masukkan bunga kol, wortel dan pokcoy.  Masak sampai layu.  Tambahkan saus tiram, garam, gula dan merica.  Aduk rata.
3.   Masukkan air kaldu.  Masak sampai mendidih.  Masukkan daun bawang.  Aduk sampai layu. 
4.   Kentalkan dengan larutan tepung sagu.  Masak lagi sampai mendidih.  Tambahkan minyak wijen.  Aduk rata.  Matikan api.
5.   Goreng i fu mi kering sampai garing, sajikan dengan siraman saus. 
  



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...