Pages

Minggu, 09 Maret 2014

Ayam Goreng Bumbu Wijen



 

Tadi sebelum posting resep ayam goreng ini, saya sempatkan sebentar ‘jalan-jalan’ di facebook.  Sekedar pengen tau ada kabar apa disana :)  Temen-temen yang di Medan rata-rata statusnya hampir seragam…..mengeluh soal mati lampu.  Yup, sudah hampir 2 bulan ini Medan dan sekitarnya mengalami pemadaman listrik bergilir, 3 kali sehari dan masing-masing 3 jam!!!  Hehee…seneng gak dengernya?!! :p  Yang parahnya lagi pejabat PLN yang berwenang belum bisa memastikan kapan listrik bisa nyala secara normal lagi.  Duduuuuh PLN…….!  Usaha kita gulung tikar dooong….! (psst, ada yang ngitung gak sudah berapa tanda seru yang saya gunakan dalam satu paragraph ini..? :) )



Meski biasanya dalam sepekan cuma satu hari yaitu hari minggu aja yang listriknya gak mati, tapi saya sudah ilfil duluan untuk baking sesuatu yang pake proses me-mixer atau mem-blender.  Jadinya tadi saya cuma bikin ayam goreng ini buat makan malam.  Simpel cara bikinnya dan sedaaap…..  Kalau cuma goreng-menggoreng sih saya bisa, tapi kalau sudah menggulai…eits, itu bagian ibu saya, beliau jagonya! :D   


Ayam Goreng Bumbu Wijen
Sumber:  Majalah Sedap  ed. 7/X/2009

Bahan:
1 ekor ayam, potong 10 bagian
1 sdt air jeruk lemon
1 sdt garam
2 sdt kecap manis
½ sdm minyak wijen
1 sdm saus tomat
1 sdm saus cabai
2 cm jahe, memarkan
1 sdt garam
½ sdt gula pasir
¼ sdt merica bubuk
 4 bh cabai kering, potong-potong (saya pakai cabai merah segar biasa)
300 ml air
1 sdm wijen, sangria untuk taburan
Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:
1.   Lumuri ayam dengan air jeruk lemon dan garam.  Diamkan 20 menit.
2.   Aduk rata ayam, kecap manis, minyak wijen, saus tomat, saus cabai, jahe, garam, gula pasir, merica bubuk dan cabai kering.  Aduk rata.  Tambahkan air.  Aduk rata.
3.   Masak sampai meresap di atas api kecil sampai matang.
4.   Goreng dengan api sedang sampai kecoklatan.
5.   Sajikan dengan taburan wijen.


Catatan:
Kuah rebusan ayam bisa dijadikan saus dengan cara dimasak dengan ditambahkan sedikit air   dan dikentalkan dengan larutan tepung maizena.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...