Pages

Minggu, 30 Maret 2014

Brownies Kukus Keju Marble



Lihat gambar brownies kukus di atas?  Kelihatan seperti gak ada masalah, ya?  Well, cake ini sebenarnya hampir gagal, akibat dari ‘sedikit’ eksperimen dari saya.  Sedikit perubahan yang tidak sesuai pada bahan bisa membuat perubahan besar pada adonan dan hasil akhirnya.  Benar kata mereka yang bilang ‘baking is a science’ !  Oke, begini ceritanya…. Di kulkas saya punya kira-kira 130 gr keju mascarpone hasil coba-coba membuat keju mascarpone homemade dari 250 gr heavy cream (resep dan tutorialnya saya lihat di ineta).  Saya gak tau  apakah percobaan saya berhasil atau tidak karena saya belum pernah mencicipi keju mascarpone asli sebelumnya.  Tapi kalau dilihat dari bentuknya sih mirip dengan keju penampakan keju mascarpone homemade di blog yang saya contek.  Dengan meyakinkan diri sendiri bahwa percobaan saya berhasil, selanjutnya kejunya saya pakai untuk membuat Brownies Kukus Keju yang resepnya saya lihat di sajiansedap.com.  Di resep asli yang memakai cream cheese saya ganti dengan mascarpone homemade ini, dengan bayangan hasilnya bakal lebih oke.

Setelah proses timbang-menimbang bahan selesai dan dilanjutkan dengan memanaskan cream cheese (saya pakai mascarpone homemade) dengan susu, saya baru lihat ada masalah nih dengan adonannya.  Sama seperti ketika membuat japanese cheese cake, ketika cream cheese dimasak dengan susu kan dia akan menyatu dan menjadi larutan yang mulus, nah, punya saya kali ini larutannya berminyak dan sepertinya ‘pecah’ seperti butter yang dipanaskan terlalu lama.  Dan keadaan makin parah saat butter dan wcc cair dimasukkan.  Adonannya jadi ada endapannya…..hahahaha…. Dan seolah-olah keadaan masih kurang parah, entah dapat ide dari mana saya masukkan keju cheddar yang kebetulan tinggal sedikit di kulkas (kira-kira 75gr lah…), dan mau tau apa yang terjadi?  Adonannya malah jadi menggumpal sodara-sodara…..!!!!....wakakakaka… Tapi dengan pedenya saya lanjutkan membuat browniesnya.  Tanggung ini, pikir saya.  Lagian saya pengen tau juga separah apa sih hasil akhirnya nanti…. Dan saya bikin browniesnya motif marmer karena saya gak punya keju cheddar lagi untuk dijadikan topping seperti gambar di resep aslinya :)   Dan ternyata hasilnya gak parah-parah amat kok, malah saya bilang sih ini berhasil, cuma kurang cantik aja penampilannya :)  Teksturnya lembut seperti biasanya cake yang dikukus dan gurih banget (lihat aja bahan yang dipakai).  Alhamdulillah….lega deh…:)  Nah, begitulah teman-teman, pengalaman baking saya minggu ini.  Happy baking….






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...