Pages

Sabtu, 15 Maret 2014

Chocolate Hokkaido Chiffon Cupcakes



Kalau saya tidak salah ingat tahun lalu cupcake ini banyak dibicarakan dan dipuji rasa dan kelembutannya oleh para blogger negara tetangga, dan saya baru tertarik membuatnya setelah lihat di blognya Mbak Hesti dan baru ter-eksekusi kemarin (lama ya...).  Itu pun setelah saya punya chocolate custard cream sisa orderan sus kemarin :)   Jadi, karena filling-nya chocolate maka cupcakenya saya bikin cokelat juga.  Dibikin seragam aja ya...  Untuk vla saya pakai vla vanilla dari resep sus krim vanilla yang pernah saya posting dulu yang diberi tambahan 100gr dark cooking chocolate dengan sedikit penyesuaian.  Resep yang saya pakai adalah resep dari blognya Mbak Hesti dengan penyesuaian yang saya buat seperti di bawah ini...


Chocolate Hokkaido Chiffon Cupcakes

Bahan:
Cupcakes:
3 kuning telur
20 gr gula pasir halus
35 gr minyak goreng biasa
60 gr susu cair
55 gr terigu protein rendah
15 gr cokelat bubuk
3 putih telur
35 gr gula pasir halus

Filling: 
250 ml susu cair 
50 gr gula pasir
1/8 sdt garam 
3 sdm maizena
2 kuning telur 
100 gr dcc, serut
150 gr whipped cream cair, kocok, taruh di kulkas
 
Cara membuat:
1.      Panaskan oven dengan suhu 170°C.  Siapkan cupcake cases.
2.      Kocok kuning telur dan gula pasir dengan whisk sampai pucat (± 5 menit).  Tambahkan minyak goreng dan susu cair.  Aduk rata.
3.      Masukkan campuran terigu dan cokelat bubuk yang sudah diayak.  Aduk rata.  Sisihkan.
4.      Kocok putih telur sampai berbusa.  Masukkan gula sedikit-sedkit sambil terus dikocok sampai soft peak.
5.      Masukkan 1/3 adonan putih telur ke dalam adonan kuning telur.  Aduk balik sampai rata.  Masukkan campuran ini ke dalam sisa adonan putih telur.  Aduk rata.
6.      Tuang ke dalam cupcake case sampai ¾ penuh.  Panggang selama 20-25 menit.
7.      Filling: campur maizena dan kuning telur dengan sedikit susu.  Aduk rata.  Sishkan. 
8.      Panaskan susu cair, gula pasir dan garam sampai mendidih sambil diaduk.  
9.      Ambil sedikit susu panas, masukkan ke campuran  kuning telur.  Aduk rata.  Masukkan campuran kuning telur ini kembali ke dalam susu panas.  Aduk rata. Masak sampai meletup-letup.  Matikan api. 
10.   Masukkan dark cooking chocolate, aduk sampai cokelat meleleh dan tercampur rata semuanya.  Dinginkan sambil sesekali diaduk agar tidak berkulit. 
11.   Tambahkan kocokan whiped cream sedikit-sedikit sambil diaduk rata dengan spatula.  Simpan di kulkas sampai digunakan.


Hasil: 8 pcs







2 komentar:

  1. Wah cantiknya. Jadi kepengen bikin deh. Aku boleh minta link untuk chocolate custard creamnya ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah ditambahkan di atas ya, mbak. Thanks ya udah mampir dan kasih komen manis :) Happy baking!

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...