Pages

Selasa, 25 Maret 2014

Éclair Vla Cokelat



Éclair dan cream puff atau sus adalah jenis pastry yang sebenarnya terbuat dari adonan dasar yang sama, yang membedakannya hanya bentuknya.  Kalau cream puff bentuknya bulat tidak beraturan seperti brokoli, sementara éclair bentuknya lurus memanjang.  Oleh karena itu proses membuat éclair sama saja seperti membuat sus.  Hasil akhir yang diharapkan adalah sus atau éclair yang berongga bagian dalamnya yang nantinya bakal diberi filling.

Untuk membuat éclair ini saya memakai resep yang sama dengan resep kulit sus yang pernah saya posting sebelumnya (soes krim vanilla), tapi 50 gr terigunya saya ganti dengan terigu protein tinggi (cakra).  Dengan begini akan menghasilkan kulit éclair/sus yang kokoh tapi agak sedikit keras dan chewy.  Enak, kok…!



Oya, saya mau cerita sedikit, beberapa minggu yang lalu saya ketiban orderan membuat birthday cake décor butter cream dengan tema doraemon untuk hari Sabtu tanggal 22 Maret kemarin.  Yang order temen saya Zusan yang sekarang sudah hijrah ke Jakarta untuk keponakannya, Fatih (tapi tetep yang bayar bundanya Fatih tuh…:p).  Saya seneng dengan customer yang order jauh-jauh hari kayak begini, jadinya saya punya waktu untuk browsing-browsing nyari inspirasi.  Tapi…decor dengan butter cream itu yang jadi masalahnya!  Saya langsung mati gaya kalau berurusan dengan butter cream décor.  Jadi, cake di bawah ini adalah the best i can do with butter cream décor untuk saat ini :)  Karena Fatih mau cakenya dikasih tulisan happy birthday dengan namanya juga, sementara space di cake tidak mencukupi untuk diberi tulisan, maka saya bikin ucapannya dengan bendera aja (bunda Fatih bilang itu gawang & Zusan bilang itu jemuran…hadehhhh!!!)  Alhamdulillah Fatih suka dengan cake dan gambar doraemonnya.  Seneng deh….



Éclair Vla Cokelat

Bahan:
Kulit Soes 
100 gr margarine
200 ml air
75 gr terigu protein sedang
50 gr terigu protein tinggi
3 btr telur (180 gr)

Vla Cokelat: lihat di sini

Glaze Cokelat
Dark Chocolate Compoun secukupnya, lelehkan

Cara membuat:
1.   Kulit soes: rebus margarine dan air sampai mendidih.  Matikan api.  Masukkan terigu.  Aduk rata.  Nyalakan api kecil saja.  Masak lagi sambil diaduk sampai kalis (tidak lengket di wajan).  Matikan api.  Dinginkan.
2.   Tambahkan telur sedikit-sedikit sambil dikocok rata.  Masukkan dlam kantung plastik segitiga.  Semprotkan memanjang dengan spuit di loyang yang sudah dioles tipis dengan margarine.
3.   Oven dengan suhu 180 - 190°C selama 30 menit.  Keluarkan dari oven.  Dinginkan.
4.   Isi éclair dengan vla lalu celup dengan dcc.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...