Pages

Selasa, 29 April 2014

Cake Labu Kuning Cheese Streusel



Masih berbahan labu kuning, kali ini saya mau sharing cake labu kuning.  Resepnya ketemu di blog  Mbak Hesti.  Di blognya Mbak Hesti bilang tekstur  cake ini seperti butter cake tapi lebih lembut.  Cake saya pun seperti itu, lebih lembut dibandingkan butter cake tapi tidak selembut sponge cake biasanya.  Yaaa….ditengah-tengahnya lah :)  Karena meski dibuat dengan teknik sponge cake, penambahan labu kuning membuat sedikit perbedaan pada tekstur cakenya.


Saya melakukan sedikit penyesuaian saat membuat cake ini.  Karena sedang tidak punya terigu protein rendah, saya ganti dengan terigu protein sedang (segitiga).  Takaran gula juga saya kurangi,  dan butter & margarin cair saya campur dengan puree labu terlebih dahulu sebelum dituang ke adonan, tujuannnya untuk mengurangi resiko cake bantat karena sering diaduk.  Oya, satu lagi, di atas cake saya beri taburan cheese streusel untuk memperkaya rasa.  Nah, segitu dulu untuk hari ini.  Sampai ketemu di resep berbahan labu kuning berikutnya!  Salaaam…. :)



Cake Labu Kuning Cheese Streusel


Bahan:
6 kuning telur
4 putih telur
150 gr gula pasir
1 sdt emulsifier
175 gr terigu segitiga (protein sedang)
½ sdt baking powder
25 gr susu bubuk
300 gr puree labu kuning (labu dipanggang sampai matang lalu dihaluskan)
75 gr butter , lelehkan
75 gr margarin, lelehkan

Cheese Streusel:
75 gr terigu
2 sdm gula bubuk
50 gr butter
75 gr keju cheddar, parut

Cara membuat:
1.   Cheese streusel: campur semua bahan dengan ujung jari sampai menjadi butiran-butiran kecil.  Sisihkan.
2.   Cake: kocok telur, gula dan emulsifier sampai mengembang.  Masukkan campuran tepung, baking powder dan susu bubuk sambil diayak.  Aduk rata.
3.   Masukkan campuran puree labu dan margarin serta butter yang sudah dilelehkan.  Aduk rata.
4.   Tuang ke loyang ukuran 22x22x4 cm yang sudah dialas kertas roti.  Taburi dengan bahan streusel.  Oven dengan suhu 175°C selama 35 menit. 






2 komentar:

  1. streusel..baru tau dan denger mbk hihi....nyummmmieeee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi....saya sdh beberapa kali bikin cake pake streusel tapi masih belum tau arti persisnya streusel itu apa :) Tapi kemarin googling dan baru tau kalau kata 'streusel' berasal dari bahasa Jerman yang artinya 'sesuatu yang disebar atau ditabur'. Dalam dunia pastry streusel adalah semacam adonan berupa remahan (butiran kecil) yang terbuat dari tepung, gula dan mentega yang biasanya ditabur di atas muffin, pie, roti dan cake lalu dipanggang. Kadang streusel suka diberi tambahan bahan lain seperti rempah, kacang-kacangan atau seperti cake saya ini ditambahkan keju. Pfiuhhh...panjang yak penjelasannya,,,,hehehe. Ini pertamakali saya bikin cake labu, ternyata labu enak juga dibikin jadi cake. Thanks ya, mbak, untuk 'PR'nya....hehehe. Becandaaaa.... ;)

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...