Pages

Jumat, 25 April 2014

Donat Labu Kuning



Ada satu bahan yang sudah lama ingin saya pakai untuk baking, yaitu pumpkin seed.  Saya membayangkan membuat granola dan roti gandum dengan ditambahkan pumpkin seed dan biji-bijian lainnya, baik di dalam adonan maupun sebagai topping.  Pasti enak banget tuh sensasi krenyes-krenyesnya saat dimakan dan penampilannya pun pasti menawan seperti healthy bread yang dijual di bakery-bakery ‘bintang lima’ itu :)  Belum lagi bonus lainnya yang terkandung di dalam biji-bijian tersebut berupa vitamin dan anti oksidan yang baik buat kesehatan.  Tapi malangnya biji-bijian yang saya maksudkan di atas semisal wijen hitam, biji bunga matahari dan pumpkin seed ini adalah termasuk bahan-bahan kue yang langka di Medan, dan kalau pun ada harganya pasti lumayan mahal :(

Nah, sahabatku yang baik hatinya (Pak Mario Teguh mode on :)), karena alasan yang saya ceritakan di atas tadi lah yang membuat saya membeli sebuah labu ketika kemarin melihatnya di pasar.  Membeli sebuah labu untuk diambil bijinya….Aneh, ya?  Tapi jangan dikira karena yang saya butuhkan bijinya, lalu dagingnya saya buang ya!  Untuk itu saya searching beberapa resep yang berbahan labu kuning dan ketemu banyak, ada pie, cake/bread, prol, cookies juga ada, roti tawar, donat dan lain-lain.  Dari kesemuanya saya tertarik membuat yang simple-simpel saja semisal donat, cake dan roti yang resepnya sudah saya tandai.


Berbeda dengan membuat kolak labu kuning yang labunya tinggal dipotong-potong dan dicemplungin ke bahan lainnya, untuk diolah menjadi roti atau cake labu kuning harus dijadikan puree terlebih dahulu. Dan ketika searching resep di internet saya jadi tahu bahwa cara yang terbaik untuk mematangkan labu untuk selanjutnya dijadikan puree adalah dengan memanggangnya di oven.  Dengan begini kandungan air yang terdapat di dalam labu akan menguap selama proses pemanggangan sehingga cake atau roti tidak bantat karena kebanyakan air.  Tapi meski pun begitu, saat membuat donat ini saya menambahkan lagi 2 sendok makan terigu karena adonan sedikit lengket.  Menurut saya ini wajar karena resep yang saya pakai adalah resep donat kentang yang memang kadar airnya tidak sebanyak labu kuning.  So, berikut di bawah ini resepnya.  Silahkan dicoba!  Donatnya enak dan warnanya juga cantik, ya….. Happy baking!



Donat Labu Kuning 

Bahan: 
400 gr + 2 sdm terigu protein tinggi
100 gr terigu protein sedang
1 bks ragi instan
50 gr susu bubuk 
100 gr gula pasir
250 gr puree labu (labu dipanggang sampai matang, haluskan)
3 kuning telur
75 ml air es
100 gr margarin
½ sdt garam

Cara membuat:
1.   Campur terigu, ragi instan, susu bubuk dan gula pasir.  Aduk rata.
2.   Tambahkan puree labu.  Uleni rata.  Masukkan kuning telur dan air sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis. 
3.   Tambahkan margarin dan garam.  Uleni sampai elastis.  Bulatkan adonan.  Tutup dengan serbet lembab.  Diamkan selama 30 menit.
4.   Kempiskan adonan.  Bagi masing-masing 35 gr.  Bulatkan.  Diamkan 10 menit.
5.   Pipihkan adonan.  Lubangi tengahnya.  Taruh di loyang yang sudah ditaburi terigu.  Diamkan selama 45 menit sampai mengembang.
6.   Goreng dengan api sedang sampai matang.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...