Pages

Senin, 07 April 2014

Hokkaido Milk Loaf Bread



Minggu sore kemarin, sambil menikmati Hokkaido Loaf Bread ini yang sudah disulap jadi french toast, saya sambil bicara dalam hati….syukur dulu itu saya beli mixer BOSCH......  Belanja impulsif sih sebenarnya waktu itu (kebiasaan yang harus dibuang jauh-jauh ni...!).  Soalnya saya beli hanya karena temen juga beli dan waktu itu sedang harga promo (siapa yang gak suka harga promo, coba…!), dan lagi dapat bonus pula, timbangan digital dan blender :)  Saat baru dibeli cuma dipakai satu kali untuk membuat Roti Boy (waktu itu roti boy sedang booming…), setelahnya tersimpan dengan rapi di dalam box-nya yang nyaman….hehee.  Sampai beberapa tahun kemudian ‘tenaga’ si BOSH ini sering saya ‘pinjam’ untuk menguleni adonan roti karena saya mulai suka membuat roti di rumah.  Berbagai macam roti yang saya anggap menarik saya coba, terutama roti gandum yang jarang ada di bakery sini dan kalau pun ada harganya cukup menguras isi kantong.  Dan minggu kemarin si BOSCH ini juga ‘membantu’ saya membuat Hokkaido Milk Loaf Bread yang lembut dan milky ini, dan insyaallah akan tetap menemani saya di hari-hari membuat roti berikutnya.   Love you BOSCH….:)

Pernah saya baca satu artikel yang menyebutkan bahwa Hokkaido adalah salah satu wilayah di Jepang yang merupakan penghasil susu terbaik.  Mungkin itu yang membuat loaf bread ini sangat spesial.  Dan kabarnya harganya pun lumayan mahal di beberapa Bakery.  So, karena saya tinggal di kota yang Bakery-nya tidak menjual Hokkaido Milk Loaf Bread (setahu saya) apalagi Hokkaido Milk, maka pilihan yang tepat adalah membuat sendiri di rumah.  Resepnya banyak beredar di internet, tapi cuma dua yang menarik perhatian saya dan sudah saya bookmarked.  Satu dengan metode tangzhong dan satu lagi dengan direct method.  Pilihan saya jatuh ke cara yang terakhir.  Karena saya lihat dari resepnya cukup banyak bahan yang bisa jadi ‘agen’ pelembut roti.  Ada terigu protein rendah, susu full cream dan heavy cream.  Jadi gak perlu merepotkan diri membuat adonan  tangzhong segala.  Ntar  keburu semangatnya hilang :)


Hohoo… ternyata ini roti bener-bener lembut lho!  Bener banget testimoni para food blogger yang pernah bikin roti ini.  Lembut dan milky!  Saya pikir roti kentang saya yang ini sudah yang paling lembut, soalnya pakai kentang dan susu evaporated juga.  Tapi Milk Loaf Bread yang ini juara.  Cobain deh..!  Resep yang di bawah ini adalah resep yang saya sesuaikan agar cukup untuk loyang roti yang saya punya, dan agar lebih creamy dan rich,  jumlah heavy creamnya saya tambah dan susu cairnya saya kurangi sehingga jumlahnya sama banyak.   Happy baking!


Hokkaido Milk Loaf Bread
Source: angie’s recipes, modified by me

Bahan:
375 gr terigu protein tinggi
45 gr terigu protein rendah
20 gr susu bubuk
7 gr ragi instan
60 gr gula pasir
40 gr telur (1 btr telur, kalau berlebih, buang putihnya)
140 gr susu full cream cair dingin
140 gr heavy cream (whiped cream cair juga bisa)
1 sdt (4 gr) garam halus

Cara membuat:
1.   Ayak tepung terigu dan susu bubuk,  tambahkan ragi dan gula pasir. Aduk rata.
2.   Tambahkan telur dan susu cair sedikit–sedikit, lalu masukkan juga whipped cream, uleni sampai kalis.  Terakhir masukkan garam, uleni sampai elastis. 
3.   Bulatkan adonan.  Tutup dengan plastik atau serbet lembab yang bersih.  Diamkan 30 menit.
4.   Kempiskan adonan.  Bagi adonan 4 bagian, lalu bulatkan.  Diamkan 10 menit.
5.   Giling adonan lau gulung mamanjang.  Lakukan 2 kali.  Masukkan dalam loyang ukuran 26x12x11 cm yang sudah dioles dengan margarine.  Diamkan 60 – 75 menit.
6.   Oven dengan suhu 190°C selama 30 menit. 







6 komentar:

  1. Mbak lisa numpang tanya beli boschnya waktu itu dimana ya? Tipe berapa? Dan harganya berapa? Maaf nih mbak banyak tanya krn mau beli tapi ragu melulu. Hehe. Ida

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mixer BOSCH punya saya ini tipe lama, Mbak Ida. Tipe UM60ST2. Saya belinya 5 thn yg lalu (kalo gak salah..:)). Waktu itu belinya karena dikomporin temen...:p Tapi ternyata belakang hari jadi berguna banget...hihihi. Kalo gak salah (lagi) dulu harganya sekitar 3,5 jt, beli dari agennya... Buat saya worth it kok beli BOSCH ini. Motornya kuat. Mengocok telur+gula utk bikin sponge cake sampai soft peak cuma butuh 5-10 menit. Nguleni adonan roti juga enak banget. Cuma BOSCH ini agak repot mencucinya karena bowlnya dari plastik dan bentuknya seperti donat. Tapi kalau udah terbiasa sih jadi gak terlalu dipikirin masalah cuci-mencuci itu...heh. Soalnya lebih banyak enaknya dibandingkan nyusahinnya si BOSCH ini. Insya Allah sampai sekarang belum pernah rusak dia....:)

      Hapus
  2. Mbak.. Numpang tanya ya.. Pas uleni adonan pake BOSH speed brp ya? Dan brp lama? Kalo kelamaan apa adonan nya jadi ga elastis lg? Thanks before..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pakai speed 1 untuk menguleni sampai kalis. Setelah bahan terakhir masuk, baru pakai speed 2 sampai adonan elastis. Berapa lama elastisnya saya gak pernah terpaku dengan waktu. Lihat aja adonannya. Ambil sedikit adonan, tarik dan lebarkan, kalau adonan bisa melebar sampai tipis tanpa robek itu tandanya sudah elastis. Dan benar, kalau terlalu lama diuleni sampai batas elastisnya terlewati, adonan gak akan mau elastis lagi. Begitu, Mbak Lynda. Semoga membantu :)

      Hapus
  3. Hokkaido milk bread emang enak bgt lembutnya juara. Saya juga sekali nyoba ketagihan dengan resep ini :) . Salam kenal ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga, mbak :) Yup, rotinya emang lembut n harum banget.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...