Pages

Senin, 14 April 2014

Puding Kapucino Cokelat



Dulu pernah sekali saya membuat puding berlapis-lapis seperti ini, hasilnya jauh dari harapan.  Mungkin karena saya belum tau caranya, puding yang sudah di tuang ke cetakan kejar-kejaran mengerasnya dengan puding yang masih dalam wajan (yang belum dituang).   Malah lebih dulu mengeras adonan puding yang belum dituang ke cetakan dibanding yang sudah dituang.  Ujung-unjungnya saya cuma dapat puding dengan empat layer karena akhirnya saya tuang saja semuanya sebelum keburu mengeras :p  Dan enaknya bikin puding adalah, meskipun gagal hasilnya tetap jadi puding, dengan rasa yang sama, cuma beda di bentuk saja :)

Karena saya tidak ingin hal yang sama seperti dulu terulang lagi, minggu kemarin saat membuat puding ini saya usahakan untuk sedikit berepot-repot dengan menggotong kipas angin yang ada di ruang tamu ke dapur.  Pasti pada nanya ya, untuk apa kipas anginnya?  Kipas angin saya pakai untuk mempercepat set-nya adonan puding yang di cetakan.  Jadi, kipas angin saya nyalakan dan taruh di dekat puding yang di cetakan dan biarkan sampai permukaan puding ‘berkulit’ baru dituang adonan baru.  Tuangnya perlahan saja, ya.  Sementara agar puding yang masih dalam wajan tidak cepat mengeras, saya taruh wadahnya di dalam wadah lain yang lebih besar yang berisi air hangat.  Dan Alhamdulillah cara ini berhasil!  :)  So, cek resepnya di bawah ini.  Semoga sukses!!



Puding Kapucino Cokelat


Bahan 1 (kapucino):
900 ml susu cair
1 bks agar-agar bubuk
3 sachet (@25 gr) capuccino instan bubuk
75 gr gula pasir
1/8 sdt garam

Bahan 2 (cokelat):
450 ml air
4 gr agar-agar bubuk
50 gr gula pasir
75 gr dcc, potong-potong

Saus cokelat:
400 ml susu cair
50 gr gula pasir
1/8 sdt garam
2 sdt maizena
100 gr dcc, potong-potong

Cara membuat:
1.   Adonan kapucino: campur semua bahan dan masak dengan api sedang sambil diaduk sampai mendidih.  Tuang 2 sendok makan adonan di cetakan puding.  Biarkan setengah beku (berkulit)
2.   Adonan cokelat:  rebus air, agar-agar dan gula pasir sambil diaduk sampai mendidih.  Tambahkan potongan dcc.  Aduk sampai cokelat larut.  Tuang 1 sendok makan di atas lapisan kapucino.  Biarkan setengah beku.
3.   Lakukan bergantian sampai adonan  habis.  Dinginkan di kulkas.
4.   Saus cokelat: rebus susu, gula pasir, garam dan maizena sambil diaduk sampai meletup-letup.  Tambahkan potongan dcc.  Aduk sampai cokelat larut.  Matikan api.  Dinginkan.
5.   Sajikan puding dengan sausnya. 





4 komentar:

  1. ih,kok sehati..ini saya barruuuu aja bikin puding cokelat avocado ^^
    cantikkk hasilnya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss dulu, ah! Puding itu memang enak kan ya di musim panas seperti sekarang ini :) Mbak bikin puding cokelat avocado? wuiihhh, pasti enak banget tuh ya? Sayang, disini susah nemu alpukad yg bagus dan gak pahit, jadinya daku gak pernah bikin :( Thanks ya, mbak, sudah mampir...:)

      Hapus
  2. cantiiik mba pudingnyaaa.. ijin nyontek yah
    makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih, Mbak :) Silakan dicontek..

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...