Pages

Jumat, 06 Juni 2014

Bakpao Isi Kacang Merah



Sudah lihat perkembangan bakpao akhir-akhir ini?  Banyak banget variannya, ya?  Mulai dari isi maupun bentuknya.  Sekarang ini bakpao gak hanya  diisi dengan pasta kacang merah atau kacang hijau saja, tapi ada juga diberi isi cokelat, abon, oncom, ayam, mayones, daging, dll.  Dalam hal bentuk pun sekarang ini sedang tren bakpao bentuk buah-buahan dan tokoh kartun dengan warna yang dibuat semirip mungkin dengan aslinya.  Aiiihh….cantik-cantik lah pokoknya!  Anda mau bentuk apa, kami punya…..!  Begitulah kira-kira istilahnya :)  Tapi, meski sekarang ini bakpao makin banyak pilihannya, favorit saya tetap bakpao jadul yang isinya kacang merah atau kacang hijau.   Itu yang paling enak buat saya.   Gak bisa ke lain rasa lah pokoknya….. !  :) Tapi itu balik lagi ke selera masing-masing, ya…


So, bakpao yang saya posting ini adalah bakpao dengan isi pasta kacang merah (my favorite).  Buat yang gak mau repot, pasta kacang merah ada kok dijual di toko bahan kue.  Bisa pakai itu aja.  Lebih ringkas, tentunya... Tapi kalau ditanya rasa, pastinya lebih enak yang bikin sendiri lah…:)  Resep di bawah ini adalah resep gabungan dari dua buah buku.  Resep kulit bakpao sumbernya dari buku ‘Bakpao & Roti Goreng’ (saji), sementara isi pastanya dari buku ‘Aneka Jajanan Pinggir Jalan’ (sedap).  Berikut resepnya…..


Bakpao Isi Kacang Merah

Bahan:
Isi
125 gr kacang merah, rendam selama 4 jam, lalu kukus sampai matang
65 gr gula pasir
2 lbr daun pandan
300 ml santan dari ¾ btr kelapa
1/8 sdt garam

Kulit Bakpao
300 gr  terigu protein rendah
60 gr tepung tangmien
2 sdt (8 gr) ragi instan
½ sdt baking powder
75 gr gula pasir
25 gr susu bubuk
180 ml air es
30 gr mentega putih
½ sdt garam


Cara membuat:
1.   Isi: blender kacang merah dan santan sampai lembut.  Masak bersama gula, garam dan daun pandan sambil diaduk sampai meletup-letup dan licin.  Dinginkan.
2.   Kulit Bakpao: campur rata tepung terigu, tepung tangmien, ragi, baking powder, gula pasir dan susu bubuk.  Masukkan air es.  Uleni sampai kalis. 
3.   Tambahkan mentega putih dan garam.  Uleni sampai elastis.  Diamkan 30 menit.
4.   Timbang adonan masing-masing 30 gr.  Bulatkan.  Diamkan 10 menit.
5.   Tipiskan adonan.  Beri isi.  Bulatkan.  Letakkan di atas kertas bakpao atau kertas roti.  Diamkan 45 menit sampai mengembang.
6.   Kukus 10 menit dengan api sedang sampai matang.






3 komentar:

  1. Halo, Apa kabar?

    Salam jumpa dari kami myTaste Indonesia.

    Kami melihat bahwa Anda memiliki resep-resep masakan yang sangat lezat dan menarik sekali.

    Kami dari myTaste Indonesia mengundang agar blog masakan Anda berada di TOP FOOD BLOG dalam situs kami, myTaste adalah Jejaring Sosial bagi para pecinta masakan di Indonesia maupun Dunia Internasional. myTaste sendiri memiliki 37 situs di masing-masing negara bagiannya. Banyak blog yang telah menjadi anggota dan mendapatkan keuntungan dari publikasi di situs kami.

    Anda dapat menambahkan blog Anda pada daftar Top Food Blog kami dengan mengikuti link ini: http://www.mytasteindonesia.com/top_food_blogs

    Terima kasih atas perhatiannya dan telah berbagi resep masakan Anda kepada kami.

    Salam hormat myTaste Indonesia,
    Immanuel Kabuhung

    Selamat menunaikan Ibadah Puasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas tawarannya dan telah berkunjung ke Dapur Vanilla. Salam..:)

      Hapus
  2. Membuka Usaha BakPao sekarang bisa membuat omset Jutaan loh silahkan klik Bisnis Usaha BakPao Dengan Omset Jutaan Salam Sukses. :)

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...