Pages

Senin, 14 Juli 2014

Pandan Extract



Jum’at sore kemarin Ibu saya merapikan rumpun pandan yang tumbuh di sudut halaman rumah kami.  Itu pandan memang sudah banyak banget anakannya dan menjalar kesana-kemari, dan jadi gak kurang rapih kelihatannya.  Lumayan banyak juga daun yang masih bagus yang ‘disikat’ Ibu saya.  Karena gak rela dibuang begitu aja, akhirnya daun pandan yang masih bagusnya saya blender dan dijadikan pasta pandan homemade.  Kebetulan ada bubur yang ingin saya buat yang menggunakan air pandan.

Kalau berdasarkan instruksi dari buku resep yang saya punya, ekstrak pandan dibuat dengan cara menggilling daun pandan (tanpa air) sampai halus lalu diperas airnya.  Saya sudah pernah coba cara ini, dan gak berhasil. Air pandan yang didapat dikiiit banget….  Lalu saya beralih ke cara seperti di bawah ini dan Alhamdulillah berhasil meski harus menunggu ± 2 hari sebelum ekstrak pandannya bisa digunakan.


Dari resep ini menghasilkan 2 botol ukuran sedang jus pandan.  Lalu saya simpan semalaman di kulkas sampai terlihat endapannya.  Kemudian bagian bening di masing-masing botol saya buang dan endapannya saya satukan dalam satu botol.  Saya sertakan juga sedikit bagian beningnya supaya jus pandannya tidak terlalu pekat saat ditambah ke adonan kue.  Lalu air pandannya saya diamkan lagi dikulkas selama 1 hari.  Kalau ingin warna hijau yang sangat pekat gunakan bagian endapannya saja, tapi kalau ingin warna hijau yang sedikit ‘light’ kocok dulu jus pandannya sebelum digunakan agar bagian bening tercampur lagi dengan endapannya.  Saya suka banget dengan harum dan warna dari ekstrak pandan asli ini.  Terutama warnanya, hijau sedikit kekuningan, mirip green tea.  Saya kurang tau berapa lama tahannya ekstrak pandan ini di kulkas, karena pada hari ke-4 saya sudah menghabiskan semua untuk membuat bubur dan kue :)




Pandan Ectract
 
Bahan:
45 lbr daun pandan
300 ml air hangat

Cara:
1.   Potong-potong kecil daun pandan.
2.   Blender sebagian pandan bersama air hangat, lalu peras.  Ambil air perasan pandan ini untuk memblender pandan berikutnya.  Peras lagi.  Pakai lagi airnya untuk memblender.  Begitu seterusnya sampai daun pandan habis diblender semua.
3.   Tuang air jus pandan ke dalam botol.  Biarkan sarinya mengendap (± 2 hari).  Gunakan bagian endapannya sebagai pasta pandan.




5 komentar:

  1. Waah..kebetulan saya emang lagi cari cara bikin pasta pandan homemade. Makasih infonya. Oya Mbak... Beli jar kaca yang seperti punya mbak itu dimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya belinya di Ace Hardware, mbak..:)

      Hapus
  2. Mba itu misahin endapan dengan air yg beningnya gmna mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dituang pelan-pelan aja bagian yg beningnya, mbak..

      Hapus
  3. Iya mba makasih.. udh bikin. Udh abis lagi malah hehe..

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...