Pages

Selasa, 19 Agustus 2014

Nastar Klasik



Assalamu’alaikum wr wb.  Halooow….apa kabar?  Gimana liburan kalian semua?  Hehee….kebangetan ya saya hari gini masih ngomongin liburan.  Tapi begitulah mood saya belakangan ini dalam hal baking dan ngeblog.  Suasana hati bawaannya holiday melulu :)  Ini juga belum hilang-hilang banget holiday mood-nya.  Gak ada baking apapun, kepikiran pun belum…:p  Yang akan saya posting ini pun cookies yang saya bikin untuk lebaran kemarin.  Hhhh….parah memang… Semoga mood malas ini segera pergi.  Wusss…wussss…..  Oya, karena ini masih Bulan Syawal belum telat saya rasa untuk mengucapkan Selamat Iedul Fitri 1435 H, mohon maaf lahir dan batin….Taqobbalallaahu minna wa minkum…. dan Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-69…..!  Sekali merdeka tetap merdeka….!  Kita tolak penjajahan apa pun bentuknya….baik di Indonesia maupun di negara-negara lainnya….!


Setiap lebaran saya pasti bikin nastar.  Meski proses membuatnya gak cukup waktu sehari (dihitung dari membuat filling nenasnya), tapi rasanya gak lengkap penganan lebaran kalau gak ada nastar.  Iya, kan?  Dan nastar yang enak buat saya adalah nastar klasik yang gak dimodif apapun.  Paling banter ya ditambahin keju.  Itu juga enak.  Nah, kalau tahun lalu saya membuat nastar keju, tahun ini giliran nastar klasik.  Karena belum pernah sebelumnya, untuk olesan saya pakai resep yang ditambahkan sedikit madu karena saya penasaran gimana hasilnya…dan ternyata permukaan nastarnya jadi kecokelatan.  Meski rasanya enak banget tapi penampilannya kurang cantik menurut saya.  Kayaknya balik lagi ke resep olesan yang lama deh…


Nastar Klasik
Sumber: Buku ‘kue kering lezat & kreatif’ (saji)

Bahan:                                          
125 gr butter dingin
125 gr margarine
50 gr gula tepung
2 kuning telur
300 gr terigu
30 gr maizena
20 gr susu bubuk

Isi: disini

Olesan:
2 kuning telur
2 sdm susu cair
1/8 sdt madu

Cara membuat:
1.   Kocok butter, margarine dan gula tepung 1 menit.  Masukkan kuning telur.  Kocok rata.  Tambahkan terigu, maizena dan susu bubuk sambil diayak dan diaduk rata. 
2.   Bagi bagian isi masing-masing 5 gr, bulatkan. Bagi juga bagian kulit masing-masing 9 g, bulatkan. 
3.   Ambil bagian kulit, pipihkan, tarus isi, bulatkan.  Taruh di loyang yang sudah dioles margarine.
4.   Oven dengan suhu 140°C selama 20 menit.  Oles dengan bahan olesan.  Oven lagi dengan suhu yang sama selama 20 menit lagi sampai matang
 





2 komentar:

  1. Halo mba... salam kenal ya.
    nastarnya cantik dech bulat mulus ga pecah2 ya, pasti rasanya jg enak ya. saya mau tanya donk mba... ini nastar yang teksturnya renyah dan ngeprul atau lembut empuk moist gitu mba?....

    Btw... saya udah praktekin brownies klasik dan brownies gluten free resepo dr blog ini. bahkan utk brownies klasik udh berkali2 bikin udah jd resep andalan saya tiap kali mau bikin brownies request suami hehehe... browniesnya cantik,pas manis nya tp bisa muncul kilap nya. pokoknya brownies tersukses yg pernah saya buat mba...seneng banget. makasih udah share resep dan ilmunya ya mba.

    Fitri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga, Mbak Fitri :) Maaf ya baru jawab sekarang. Biasaaa,sinyat inetnya selow banget :p Ini nastarnya tipe yg lembut n empuk, mbak. Sesuai dengan selera saya. Tapi terus terang agak sedikit kecewa dengan olesannya. Cepat coklat dan kelihatannya seperti gosong :(

      Saya juga suka dengan brownies-brownies yg Mbak Fitri maksud. Gak sampai bikin sakit gigi ya manisnya? Hahahaaa..... Keep baking ya mbak ^_^

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...