Pages

Jumat, 29 Agustus 2014

Sugar Cheese Cookies



Nah, ini dia penutup dari tiga cookies lebaran yang saya buat sendiri lebaran kemari.  Sisanya main tunjuk alias order ke temen…heheh.  Resepnya ketemu di website keju kraft pas sedang ubek-ubek internet nyari ‘contekan’ cookies buat lebaran.  Awalnya saya mau bikin persis seperti bentuk aslinya yang digulung dari kedua belah sisi ke tengah.  Tapi waktu saya coba, gulungannya gak mau rapat sehingga susah saat dipotong.  Akhirnya saya gulung sepert bolu gulung dan saya sisakan kira-kira 1 ½ cm ujungnya gak ditaburi keju sehingga adonan bisa saling menempel dan gak merenggang saat dipotong.  Dan saya juga gak menggunakan putih telur untuk menempelkan gula pasirnya karena saat adonan (tanpa putel) saya celupkan ke gula, gulanya menempel dengan baik di adonan.  Putih telurnya bisa dipakai untuk bikin cookies atau cake yang lain :)  Di bawah ini resepnya, yang jumlahnya saya double-kan.  Happy baking…!  



Sugar Cheese Cookies
                                                                                                                                 
 Bahan:
150 gr butter dingin
150 gr margarine
120 gr gula bubuk 
2 kuning telur
400 gr terigu 
100 gr maizena
2 blok keju cheddar @ 180 gr 
Gula pasir halus

Cara membuat:
1.      Kocok butter, margarin dan gula bubuk sebentar saja hanya sampai lembut dan tercampur rata.  Tambahkan kuning telur.  Kocok rata.  Matikan mixer.
2.      Masukkan campuran terigu dan maizena yang sudah diayak.  Aduk rata dengan spatula.
3.      Ambil sebagian adonan, giling tipis (setebal ± ½ cm) diantara dua lembar plastik.  Taburi keju.  Sisakan 1 ½ cm salah satu sisinya tidak ditaburi keju (untuk menempelkan ujung adonannya).  Gulung adonan sambil dipadatkan. 
4.      Potong-potong dengan ketebalan ± 1 cm.  Celupkan salah satu sisinya ke dalam gula pasir.  Taruh di loyang yang sudah dioles margarine.
5.      Panggang dengan suhu 130°C sampai matang ( ± 30 – 45 menit).
 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...