Pages

Minggu, 21 September 2014

Roti Gandum 60%



Resep roti gandum yang ini sudah pernah saya bikin sebelumnya, tapi dengan komposisi tepung gandum 40 %.  Setelah itu saya coba dengan komposisi tepung gandum 50 %, hasilnya masih lembut.  Mungkin karena terlalu senang mendapat resep yang fleksibel diutak-atik komposisi tepungnya, percobaan berikutnya jumlah tepung gandumnya saya tambah lumayan banyak menjadi 70 %.  Tapi kali ini percobaan saya gagal.  Rotinya bantat dan jadinya keras seperti baguette.  Masih tetap bisa dimakan sih, dioles butter trus dipanggang dan dimakan dengan diolesi selai cokelat kacang….. still yummy….!  Agak penasaran sampai dimana ‘daya tahan’ resep ini diutak-atik, saya coba lagi bikin dengan 60% tepung gandum.  Alhamdulillah, percobaan yang ini berhasil!  Hasilnya sama lembutnya dengan resep awal yang cuma pakai 40 % tepung gandum.  Sepertinya saya  harus puas dengan resep yang ini, meski maunya saya itu bisa bikin roti tawar dengan 100% tepung gandum dengan hasil yang lembut seperti roti tawar biasa.  Mudah-mudahan ketemu ya resepnya…..


Saya pernah baca di salah satu blog luar (negeri), melarutkan ragi dan sedikit gula dengan air hangat katanya bisa membantu mengurangi bau ragi pada roti.  Jadi, pas membuat roti ini kemarin saya bikin seperti itu dan didiamkan 15 menit sebelum ditambahkan ke bahan lain.  Bagusnya lagi dari cara ini adalah kita bisa mengecek kualitas ragi masih baik atau tidak sebelum dicampur bahan-bahan lainnya.  Kan sayang tuh setelah capek-capek nguleni dan membentuk adonan ternyata rotinya gak ngembang gara-gara raginya rusak :(  Entah karena tipsnya memang tokcer atau cuma sugesti saya aja, ternyata memang bau raginya berkurang lho…..  Mungkin lain kali saya coba dua cara yang berbeda ini (ragi dilarutkan dulu dengan yang tidak) dalam waktu yang berdekatan supaya bener-bener bisa membedakan hasilnya.  Nah, di bawah ini adalah cara yang raginya dilarutkan dengan air hangat.  Kalau ingin dengan cara yang seperti di resep aslinya, bisa dilihat di sini .  Happy baking…!


Roti Gandum 60 %

Bahan:
200 gr terigu protein tinggi
300 gr tepung gandum
8 gr ragi instan
30 gr gula pasir
30 gr susu bubuk
350 ml air hangat
50 gr margarin
1 ¼ sdt garam halus

Cara membuat:
1.   Campur air hangat dengan ragi dan 1 sdm gula.  Aduk sampai larut.  Diamkan selama 15 menit sampai berbusa.
2.   Campur terigu, tepung gandum, susu bubuk dan sisa gula pasir.  Aduk rata.  Tambahkan larutan ragi.  Uleni sampai kalis.
3.   Tambahkan margarin lalu terakhir masukkan garam.  Uleni sampai elastis.  Bulatkan adonan.  Tutup dengan serbet lembab.  Diamkan selama 30 menit sampai mengembang dua kali lipat.
4.   Kempiskan adonan.  Gulung memanjang.  Diamkan 10 menit.  Kempiskan lagi.  Gulung lagi memanjang. 
5.   Taruh di loyang roti tawar ukuran 27x11x11 cm yang sudah dioles tipis dengan margarin.  Diamkan selama 90 menit sampai adonan mengembang melebihi bibir loyang.
6.   Oven dengan suhu 190°C selama 30 menit.  Setelah matang, panas-panas oles dengan butter.
  


 

2 komentar:

  1. halo mbak, aku kan lagi belajar masak nih, lagi browsing2 di internet jadi mampir deh ke blog mbak ini, seneng deh baca baca artikel artikel tulisan mbak, gini mbak.. waktu aku liburan.. aku jalan jalan ke lombok island sambil ingikutin paket wisata lombok dan aku beli oleh oleh di toko yang jual madu asli .. nah sekarang aku sedang cari cari resep makanan, resep kue, atau resep minuman yang berbahan dasar madu, nah mbak punya gak resep yang ada unsur madu nya biar aku bisa praktekkan ? Terimakasih ya ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo juga, Mas Budi. Wah, asik ya bisa piknik ke lombok :) Maaf, kalau resep cake yg berbahan dasar madu saya gak punya, tapi saya pernah membuat granola bars yang salah satu bahannya adalah madu. Coba deh buka postingan saya yang dulu-dulu, mungkin ada di arsip thn 2012.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...