Pages

Jumat, 28 Februari 2014

Ice Cream Cake Made Easy......



Dua minggu yang lalu teman saya, Zusan, cerita soal es krim homemade yang resepnya sedang happening di salah satu grup di facebook.  Katanya membuatnya mudah sekali, bahkan gak perlu pake mesin pembuat es krim segala, cuma butuh freezer dan mixer, dan hasilnya lembut mirip dengan es krim pabrikan.  Waktu itu pengen langsung bikin sih sebenarnya, apalagi sekarang ini Medan sedang musim panas, menikmati es krim pasti pilihan yang pas, tapi apa daya (halah...bahasanya!) kulkas saya itu freezernya imut banget dan waktu itu sedang penuh :(  Jadi baru kemarin saya bisa membuat es krimnya, tapi bukan dengan resep yang saya ceritakan di atas....

Yup, saya bikin es krim cake ini bukan dengan resep es krim yang diceritakan temen saya Zusan itu, tapi pake bubuk es krim instan....hehheh.  Biasa lho, penyakit malasnya datang, padahal gak diundang :p  Karena sudah potong kompas pake bubuk es krim instan, saya putuskan untuk memberikan sedikit effort untuk penampilannya.  Biar gak terlalu biasa, saya buat dengan ditambahkan crust seperti unbaked cheese cake atau mousse cake.  Berikut resepnya.....



Ice Cream Cake


Bahan:
500 gr oreo tanpa filling, haluskan
200 gr butter/margarin, lelehkan
2 bks bubuk es krim instan merk Haan rasa vanilla yang ukuran 85 gr
2 bks bubuk es krim instan merk Haan rasa cokelat yang ukuran 85 gr

Cara membuat:
1.   Gunakan loyang ring (tanpa alas) diameter 20 cm.  Alas bawahnya dengan alumunium foil.  Rapatkan bagian sampingnya.  Taruh di wadah/loyang datar.
2.   Campur sampai rata oreo yang sudah dihaluskan dengan butter cair.  Tuang ke loyang, padatkan ke bagian sisi dan bawahnya.  Simpan di kulkas sampai mengeras.
3.   Buat es krim rasa cokelat sesuai petunjuk di kemasannya.  Tuang ke dalam loyang dan ratakan.  Simpan di freezer sampai es krim cokelat setengah mengeras.
4.   Buat juga es krim rasa vanilla sesuai petunjuk di kemasannya.  Tuang di atas es krim cokelat.  Biarkan di freezer sampai membeku.
5.   Lepaskan alumunium foil dari loyang, lalu lepaskan loyangnya dengan perlahan.
 






Sabtu, 22 Februari 2014

Cake Putih Telur 3: Lapis Kopi Kukus



Assalamu’alaikum, semuanya.  Apa kabar?  Semoga baik, ya?  Alhamdulillah saya baik, sehat dan sedang happy..:)  Kelompok pengajian ibu saya mengadakan acara rihlah ke Prapat dan ibu meminta saya untuk ikut menemaninya.  Wuhuuu….ada lagi alasan buat ‘kabur’ sebentar dari Medan…hehehe.  Karena itu saya gak akan berlama-lama ya….  Mau packing soalnya!


Ini cake putih telur berikutnya yang mau saya sharing ke teman-teman, terutama yang punya banyak stok putih telur.  Masih dari buku ’20 Kreasi Putih Telur’.  Resep yang saya tulis di bawah ini adalah 1 ½ kali dari resep aslinya yang cuma memakai 200 gr putih telur.  Well, segitu dulu ya untuk hari ini.  Salaaam….   


Lapis Kopi Kukus


Bahan:
300 gr putih telur
¼ sdt garam halus
187 gr gula pasir        
1 ½  sdt emulsifier
45 ml air kopi (dari 3 sdm air panas + 1 ½ sdm kopi instan), dinginkan
180 gr tepung terigu protein sedang
23 gr susu bubuk
75 gr margarine
3/4 sdt cokelat pasta

Cara membuat:
1.   Kocok putih telur, garam, gula pasir dan emulsifier sampai mengembang.  Masukkan air kopi.  Kocok rata.
2.   Tambahkan tepung terigu dan susu bubuk sambil diayak dan diaduk rata.
3.   Masukkan margarine leleh sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan.
4.   Bagi 2 adonan.  Satu bagian ditambahkan cokelat pasta.  Aduk rata.
5.   Tuang ½ bagian adonan kopi di loyang 18x18x7 cm yang dialas kertas roti tanpa dioles margarine.  Kukus 5 menit dengan api sedang.  Tuang ½ bagian adonan cokelat.  Kukus 5 menit.  Lakukan sampai 4 lapis.  Terakhir kukus 15 menit sampai matang.






 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...