Pages

Sabtu, 18 Oktober 2014

Rich & Moist Chocolate Banana Bread



Bisa dibilang saya ini sedang belajar untuk suka cake pisang, or anything yang berbahan pisang lah.  Ya cake, ya muffin, cupcake, cookies, apa aja deh yang berbahan pisang.  Karena itu jangan heran, untuk ukuran seorang bukan penyuka pisang, postingan cake berbahan pisang saya di blog ini lumayan banyak.  Iya, kan?  Ada 11 entry…. Itu banyak buat saya :)  Resep yang saya pakai juga saya pilih-pilih yang paling banyak dibuat ulang oleh beberapa food blogger kita dan dapat testimoni bagus.  Itu artinya cakenya memang enak, kan?  Salah satunya adalah banana cake/bread yang ini.  Berawal dari resepnya savorysweetlife dan kemudian sedikit dimodifikasi dan dire-share oleh temen-teman food blogger Indonesia yang kesemuanya dapat testimoni enak, maka tertarik lah saya membuatnya…..heheh.  Di bawah ini saya share ulang resepnya yang sudah dikonversi ke metric dan gulanya saya ‘pangkas’ lumayan banyak dari resep aslinya, tapi masih tetap manis kok, apalagi chocolate chip/ DCC yang dipakai lumayan banyak. Karena gak punya, sour cream-nya pun saya substitusikan dengan yogurt plain.  Tambah satu orang lagi bilang cake ini enak!  Saya… :)



Rich & Moist Chocolate Banana Bread

Bahan:
115 gr butter dingin
90 gr gula pasir halus
1 btr telur
2 bh pisang cavendish/pisang ambon, haluskan
½ sdt vanilla bubuk
125 gr tepung terigu
1 sdt baking soda
2 sdm cokelat bubuk
125 ml yogurt plain
150 gr DCC, cincang kasar (di resep aslinya pakai cokelat chip)

Cara membuat:
1.   Kocok butter dan gula sampai lembut dan mengembang.  Masukkan telur.  Kocok rata.  Tambahkan pisang, yogurt dan vanilla.  Kocok rata. 
2.   Masukkan campuran tepung terigu, baking soda dan cokelat bubuk yang sudah diayak   Aduk rata.  Masukkan dcc, aduk rata.
3.   Tuang ke loyang (saya pakai ukuran 24x8x8cm)yang sudah dialas kertas roti.  Oven dengan suhu 175°C selama 50-60 menit sampai matang.




Kamis, 09 Oktober 2014

M & M’s Cookies



Cookies dengan permen warna-warni begini jelas bukan untuk saya…heh.  Kepikiran aja membuat cookies ini untuk suguhan Idul Adha buat si Diva (keponakan saya) dan adik-adiknya .  Pasti mereka seneng, deh.  Dan bener aja, waktu mereka ke rumah dan saya sodorin nih cookies, mereka excited beneeer….  Saya rasa sebagian besar karena permen M & M nya, karena kalau cookies biasa sih memang sudah keseharian mereka :)  Setoples gede habis dalam sekejap, karena anak-anak tetangga yang mereka ajak main ke rumah juga mereka suguhi cookies ini….hihihi.  Mereka tuan rumah yang baik, ya….?! :)


Membuat cookies ini tekniknya sama seperti membuat chocolate chips cookies, cuma ditambahkan permen cokelat M & M di atasnya.  Cookies ini akan melebar saat dipanggang, karena itu beri jarak saat disendokkan di loyang, ya.  Kalau dirasa adonan terlalu lembek, simpan sebentar adonan cookies di dalam kulkas, baru kemudian disendokkan ke loyang dan dipanggang.  Resep yang saya pakai adalah resepnya joyofbaking dengan pengurangan yang banyak di gulanya (seperti biasa).  Nah, segitu dulu ya…  Happy baking!
 


M & M’s Cookies

Bahan:
230 gr terigu protein sedang
30 gr tepung maizena
1 ¼ sdt baking soda
70 gr butter
100 gr margarine
100 gr gula pasir
20 gr gula palem
1 btr telur
1 kuning telur
Permen M & M secukupnya

Cara membuat:
1.   Nyalakan oven suhu 175°C.  Campur dan ayak tepung terigu, maizena dan baking soda.  Sisihkan.
2.   Kocok butter, margarine dan gula sampai lembut (2 – 3 menit).  Tambahkankan telur dan kuning telur satu per satu.  Kocok rata.  Masukkan campuran terigu.  Aduk rata dengan spatula.
3.    Sendokkan adonan dengan ice cream scoop atau dengan dua buah sendok di loyang yang sudah dioles margarine.   Beri jarak satu sama lain karena cookies akan melebar saat dipanggang.  Tata permen M & M di atasnya.  Panggang selama 20 – 25 menit sampai matang.







Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...