Pages

Minggu, 18 Januari 2015

Risoles Bayam Isi Ragout Ayam



Assalamu’alaikum Wr Wb

So many things to do, so little time….begitulah dunia saya beberapa minggu belakangan ini… Ya sibuk di kerjaan, ya orderan, ya piknik (love it..!)….hehe.  Dan semuanya itu saya syukuri….beneran!  Masa muda memang harusnya diisi dengan kesibukan yang positif, kan?  Saya juga bersyukur sekali punya passion di bidang lain di luar pekerjaan.  Yang saya maksud adalah ketertarikan saya di dunia baking.  Rasanya menyenangkan punya sesuatu yang bener-bener milik kita sendiri, dunia yang kita suka….yang kita cinta….yang kita mau….yang kita enjoy menjalaninya….yang kita rajanya di sana (semua keputusan ada di tangan kita)….:) Alhamdulillah…  Semoga setiap orang dipertemukan dengan kecintaannya masing-masing…Aamiin..


Nah, kita beralih ke postingan hari ini, ya.  Kali ini ada risoles, dan yang bikin beda adalah kulitnya yang diberi tambahan bayam.  Warna kulitnya jadi hijau cantik.  Adik saya sempat ketipu mengira itu kue dadar….hehehe.  Risolnya saat belum dipanirin memang mirip kue dadar, sih… :)  Resep kulitnya saya contek dari sajiansedap.com dan setelah saya modifikasi sedikit  jadinya seperti di bawah ini, sementara ragout ayamnya adalah resep ragout ala saya.

 

Risoles Bayam Isi Ragout Ayam

Bahan
Kulit:
300 gr terigu
4 sdm susu bubuk
2 btr telur
¼ sdt garam
750 ml air bayam (dari 75 gr bayam + 750 ml air, blender, saring)
30 gr margarine, lelehkan

Ragout ayam:
2 buah dada ayam, rebus, potong kotak kecil (ambil 500 ml air kaldunya tambahkan 3 sdm susu bubuk)
250 wortel, potong kotak, rebus
3 sdm margarine
1 bh bawang bombay ukuran kecil, cincang halus
3 siung bawang putih, cincang halus
5 sdm terigu
1 ½ sdt garam
½ sdt gula pasir
1 ½ sdt merica bubuk
2 sdt pala bubuk
1 batang daun bawang, iris tipis

Bahan pelapis:
Putih telur secukupnya, kocok lepas
Tepung panir kasar secukupnya

Cara membuat:
1.   Ragout ayam: panaskan margarine, tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum.  Masukkan terigu, aduk.  Tambahkan campuran kaldu dan susu bubuk sedikit-sedikit sambil diaduk sampai licin dan mendidih. 
2.   Tambahkan ayam, wortel, garam, gula, merica dan pala.  Aduk rata.  Masak sampai meletup-letup.  Masukkan daun bawang.  Aduk rata.  Matikan api.  Sisihkan.
3.   Kulit: masukkan air bayam ke dalam  mangkuk blender, tambahkan terigu, susu bubuk, telur dan garam.  Blender sampai rata.  Masukkan margarine leleh.  Blender lagi sampai rata.  Saring. 
4.   Buat dadar tipis dengan wajan diameter 18 cm.  Lakukan sampai adonan habis.
5.   Ambil selembar kulit. Beri isi.  Lipat lalu gulung.  Celupkan ke putih telur lalu gulingkan ke tepung panir.  Lakukan hal yang sama untuk semua kulit risoles.  Simpan di kulas sebentar sebelum digoreng.
6.   Goreng dalam minyak yang dipanaskan dengan api sedang sampai kuning kecoklatan.





2 komentar:

  1. Balasan
    1. Iya, Mbak. Yg bikin resep pintar dengan masukin sayur ke adonan kulitnya :) Besok-besok mau bikin pake bayam merah, ah...

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...