Pages

Rabu, 25 Maret 2015

Es Krim Alpukat


Seminggu yang lalu saya ke supermarket untuk membeli beberapa keperluan untuk pesanan, gak jauh dari tempat saya berdiri (lorong bagian bahan kue) saya melihat keranjang gede berisi alpukat  yang gendut-gendut, mulus dan segar.  Di atasnya tertulis ‘alpukat mentega’, harga sekian /kg (lupa saya, tapi rasanya gak mahal juga).  Ada juga seorang ibu saya lihat memilih-milih beberapa alpukat sambil diguncang-guncang (buah alpukatnya, maksudnya… :) ), waktu saya tanya kenapa, katanya jika biji alpukat terlepas dari daging buahnya ketika diguncang (kan kedengeran tuh ,ya ), itu tandanya alpukat sudah tua dan matang di pohon.  Dapat tips bagus dari si Ibu…:)  Tapi dari 4 buah  alpukat yang saya beli (2kg itu, lho, besar-besar, kan?), cuma dua yang bijinya lekang di dalam, selebihnya biasa aja, tapi kalau dilihat dari penampilan luarnya bagus, kok.


Dari awal alpukatnya memang sudah saya niatkan untuk dibikin es krim, kan lumayan tuh bisa jadi kurang-lebih 2 liter es krim.  Sepanjang minggu saya bisa makan es krim terus…xixixi.  Dengan catatan ketiga keponakan kecil saya gak ikutan nimbrung…hehe  Anak seumuran mereka tuh es krim apa sih yang mereka gak suka…:)  Tapi sayang seribu kali sayang alpukatnya matang gak bersamaan.  Yang matang pertama kali satu buah, saya makan begitu aja dengan ditaburi gula.  Enak juga, alpukatnya gak pahit.  Makannya berdua dengan Ibu.  Indahnyaa…:)  Eh, yang matang batch kedua juga cuma 1 buah :(  Tapi setelah saya keruk isinya lalu saya timbang, lumayan dapat 300 gr.  Bisalah untuk buat es krim.  Es krim yang saya buat ini yang kelas rumahan lah, bahannya gak yang ribet, membuatnya juga gampang, gak butuh ice cream maker segala, kok.  Cuma pakai blender.  Tapi hasilnya sedaap…


Sebenarnya saya agak bingung mau kasih namanya, antara es krim alpukat atau es puter alpukat.  Mau dikasih nama es puter, tapi cara bikinnya gak pakai diputar, kalau dinamai es krim, gak ada krim juga di bahannya…hahaa  Tapi saya lebih condong bilang ini es krim dengan  alasan rasanya yang creamy, boleh, kan?....*maksa

Es Krim Alpukat

Bahan:
300 gr daging buah alpukat
½ sdm air lemon
250 gr susu kental manis
200 ml santan

Cara mebuat:
Campur semua bahan dan haluskan.  Terserah mau pakai food processor, blender atau chopper, yang penting tercampur rata dan halus.  Tuang ke wadah yang tahan di freezer.  Biarkan setengan beku.  Keluarkan dari freezer, lalu haluskan lagi.  Masukkan lagi ke freezer.  Biarkan sampai mengeras dan siap dikonsumsi. 

Mudah, kan? :)


5 komentar:

  1. Assalaamu'alaykum mba lisa :) ini es krimnya emang ga pake gula ya mba? jadi mengandalkan manis dari susu kental manis ya? kalo misalnya gak pake SKM gulanya pake berapa gram ya kira2? makasi ya mba.. mumpung di Medan kalo siang sering panas jd pengen bikin, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam. Ayu, apa kabarnya? Kemana aja selama ini? :) Iya, manisnya didapat dari SKM aja. Kalau mau pakai gula dimasukin aja secukupnya saat memblender, trus dicicipi, kalau masih blm manis ditambah lagi sampai dirasa pas manisnya dengan selera kita. Good luck ya!

      Hapus
    2. alhamdulillah baik mba lisa :) di Medan aja mba, kerja, hehe.. oya satu lagi, santannya perlu dimasak gak? atau santan yang didapat dari perasan kelapa dengan air matang? maaf ya mba banyak tanya :) makasii

      Hapus
    3. Pakai santan instan aja, Yu. Kakak pakai 1 sachet santan Kara yg 65 ml ditambah air matang sampai menjadi 200 ml.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...