Pages

Rabu, 29 April 2015

Martabak Bolu Mini


Akhirnya kesampaian juga saya posting martabak bolu yang terkenal se jagad maya raya di blog keceh ini…hahaa  Tapi, bener, kan?  Martabak Bolu Mini ini terkenal banget, kan?  Sejak sebelum saya punya blog ketemu resep ini, sampai sekarang masih jadi hot item jualan beberapa bakulan kue.  Blogger yang posting dan repost plus modifikasinya juga gak kurang banyaknya.  Sampai-sampai saya ngerasa blog saya agak ‘kuper’ karena belum pernah posting martabak bolu…:D  Mungkin karena cara membuatnya gampang dan hasilnya enak kali, ya, yang membuat saya ngerasa pasti ada kali lain saya buat lagi dan baru saat itu saya akan posting di blog.  Toh, membuatnya gak susah, kok…  Tapi, pas kali lain itu datang, sampai marbolnya habis saya gak ingat buat ambil fotonya…:p  Karena itu lah meski sudah beberapa kali bikin, marbolnya baru tayang sekarang…:)


Resep Martabak Bolu Mini-nya saya contek dari blognya Mbak Rina Rinso yang merupakan modifikasi dari resep-nya Mbak Irene.  Tengkiyu ya mbak atas resepnya…:)  Sementara saya sendiri cuma melakukan sedikiiit aja penyederhanaan di proses pembuatannya.  Gulanya yang di resep asli dimasukan 2 tahap, saya masukan sekaligus saja di awal.  Seperti di bawah ini….

Martabak Bolu Mini

Bahan :
250 gr terigu segitiga biru
80 gr gula pasir
1/4 sdt baking powder
1/4 sdt garam halus
300 cc susu cair
1/2 sdt ragi instan
3 butir telur, kocok lepas 
50 gr mentega, dicairkan
1/4 sdt baking soda

Topping:
butter
susu kental manis
keju parut
cokelat meises

Cara membuat :
1.   Campur jadi satu terigu, gula, baking powder, dan garam.
2.   Masukkan susu sedikit-sedikit sambil di aduk dengan whikser.
3.   Setelah tercampur rata masukkan ragi dan istirahatkan selama 30 menit.
4.   Masukkan telur.  Aduk rata.  Tambahkan mentega cair dan baking powder.  Aduk rata.
5.   Panaskan cetakan (saya pakai cetakan kue lumpur), ambil satu sendok sayur adonan, biarkan sampai adonan mengembang dan berpori-pori (lubang-lubang kecil), kemudian tutup dan masak hingga matang.
6.   Angkat martabak dari cetakan dan beri olesan butter, kemudian beri susu kental manis dan keju atau meises atau topping sesuai selera. 




Minggu, 19 April 2015

No-Baked ALERGON Cookies Chocolate Ganache Tart


Bisakah tart/tarlet (mini pie) dibuat dengan bahan yang minim, tanpa oven, tapi hasilnya enak?  Jawabannya, bisa! (*kibas jilbab)…:D  Seperti chocolate tart yang saya buat ini.  Cuma 4 bahan dan tanpa dipanggang, lho.  Cara membuatnya juga simple dan cepat.  Memang butuh waktu beberapa jam sampai chocolate tartnya bisa dinikmati (karena proses pendinginan di freezer), tapi yang penting kan tidak ribet dan bisa ditinggal mengerjakan aktivitas yang lain, atau tidur, seperti saya….:D

Kepikiran bikin ini sebenarnya karena entah kenapa rasanya pengeeen banget makan pie, tapi sedang tidak mau repot nimbang banyak bahan, membuat dan mencetak kulit pienya satu per satu, bikin fillingnya juga, trus dipanggang….  Arrrrrgh….membayangkannya aja sudah bikin saya capek.  Kalau badan sedang fit sih oke aja, tapi hari ini sedang tidak enak badan dan sedang malas to the max…:p  Lalu saya ingat saya punya tiga bungkus cookies ALERGON, butter, cream dan chocolate compound (sebagai tukang kue tiga bahan terakhir selalu ada di rumah saya…:) )  Beberapa menit kemudian chocolate tartnya selesai dan saya taruh di chiller supaya mengeras/set dan saya lanjutin tidur siang….:)  Setelah bangun tidur, saya siap dengan chocolate tart saya….nyam…nyammm…


Mungkin yang namanya chocolate tart itu sudah biasa, ya.  Yang jual banyak dan membuat sendiri juga mudah.  Nah, yang spesial dari chocolate tart saya ini adalah karena crustnya dibuat dengan memakai  Alergon Cookies dari Tropicana Slim.  Berbeda dari cookies pada umunya yang dijual di pasaran,  Alergon Cookies adalah cookies bebas gluten karena terbuat dari tepung beras putih dan tepung singkong, bebas pengawet dan bebas gula pasir karena dibuat dari pemanis alami yang berasal dari gula buah, dan yang tidak kalah penting adalah sudah bersertifikat Halal MUI.  Dengan segala kelebihan yang disebutkan di atas, Cookies Alergon ini sangat cocok untuk ibu hamil dan menyusui serta anak-anak, sebagai alternative cemilan sehat dari banyak cemilan/snack yang beredar di pasaran yang tinggi gula dan bahan pengawet. Dan paling pas untuk orang yang alergi dengan makanan tertentu, karena Cookies Alergon selain bebas gula pasir, pengawet dan gluten (seperti yang sudah saya sebutkan di atas), juga dibuat tanpa susu, telur, kacang dan bahan lainnya yang berpotensi memicu alergi.  Sementara untuk saya dan keluarga kami, yang Alhamdulillah tidak mengidap alergi apapun, boleh dong ikutan hidup sehat.  Sebisa mungkin menghindari mengkonsumsi junk food dan menggantinya dengan makan yang lebih sehat dan tinggi serat. Karena mencegah jauh lebih baik daripada mengobati…..


Chocolate Ganache Tart

Bahan: 
Crust:
150 gr  ALERGON Cookies, haluskan
50 gr unsalted butter/margarin, lelehkan

Chocolate Ganache Filling:
80 ml non-dairy whipping cream
80 gr dark cooking chocolate, iris halus

Cara membuat:
1.   Alasi loyang ring diameter 7 cm dengan alumunium foil.  Sisihkan.
2.   Crust:  campur semua bahan sampai rata.  Masukkan ke loyang ring secukupnya, padatkan.  Taruh di kulkas sampai set atau mengeras.
3.   Filling:  panaskan whipping sampai pinggirannya bergelembung kecil.  Matikan api.  Masukkan dark cooking chocolate.  Biarkan sampai cokelat meleleh.  Aduk rata. 
4.   Tuang di atas crust yang sudah set.  Masukkan lagi ke kulkas.  Biarkan sampai dingin dan mengeras.

 




Selasa, 14 April 2015

Selai Cokelat Kacang Homemade


Ini selai cokelat kacang homemade versi saya.  Gak bisa dibandingin dengan selai cokelat hazelnut yang terkenal itu memang,  tapi itu balik lagi keselera masing-masing, saya lebih suka yang homemade karena gak terlalu manis.  Buat saya ada kepuasan tersendiri kalau bisa bikin versi homemadenya (meski gak pakai hazelnut).  Selain lebih sehat (tanpa bahan pengawet), manisnya bisa disesuaikan dengan selera kita, dan yang lebih penting lagi hasilnya banyak….hahaa.  Kacang yang saya pakai adalah kacang tanah lokal yang lebih legit tentunya, karena kacang hazelnut mihillll….:p  Dulu saya juga pernah bikin selai cokelat kacang versi lain yang sudah saya posting di sini, keduanya sama enaknya, tapi yang saya posting sekarang ini cara membuatnya lebih mudah.  Semua bahan tinggal dicampur dalam blender (saya pakai wadah yang kecilnya) sampai rata, tuang ke botol kaca, and done…! Sudah, itu aja !  Gampil lah pokoknya..  Oke, langsung ke resepnya aja, ya..;)


Selai Cokelat Kacang

Bahan:
150 gr kacang tanah, sangrai, kupas kulit arinya lalu haluskan
350 gr dark cooking cokelat, lelehkan
2 sdm minyak sayur
2 sdm gula bubuk
1 sdm cokelat bubuk
Sedikit garam

Cara membuat:
Masukkan kacang tanah ke dalam blender, tambahkan semua sisa bahan lainnya. Blender sampai semua bahan menyatu dan rata. Tuang selai ke dalam toples kaca bersih.





Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...