Pages

Rabu, 29 April 2015

Martabak Bolu Mini


Akhirnya kesampaian juga saya posting martabak bolu yang terkenal se jagad maya raya di blog keceh ini…hahaa  Tapi, bener, kan?  Martabak Bolu Mini ini terkenal banget, kan?  Sejak sebelum saya punya blog ketemu resep ini, sampai sekarang masih jadi hot item jualan beberapa bakulan kue.  Blogger yang posting dan repost plus modifikasinya juga gak kurang banyaknya.  Sampai-sampai saya ngerasa blog saya agak ‘kuper’ karena belum pernah posting martabak bolu…:D  Mungkin karena cara membuatnya gampang dan hasilnya enak kali, ya, yang membuat saya ngerasa pasti ada kali lain saya buat lagi dan baru saat itu saya akan posting di blog.  Toh, membuatnya gak susah, kok…  Tapi, pas kali lain itu datang, sampai marbolnya habis saya gak ingat buat ambil fotonya…:p  Karena itu lah meski sudah beberapa kali bikin, marbolnya baru tayang sekarang…:)


Resep Martabak Bolu Mini-nya saya contek dari blognya Mbak Rina Rinso yang merupakan modifikasi dari resep-nya Mbak Irene.  Tengkiyu ya mbak atas resepnya…:)  Sementara saya sendiri cuma melakukan sedikiiit aja penyederhanaan di proses pembuatannya.  Gulanya yang di resep asli dimasukan 2 tahap, saya masukan sekaligus saja di awal.  Seperti di bawah ini….

Martabak Bolu Mini

Bahan :
250 gr terigu segitiga biru
80 gr gula pasir
1/4 sdt baking powder
1/4 sdt garam halus
300 cc susu cair
1/2 sdt ragi instan
3 butir telur, kocok lepas 
50 gr mentega, dicairkan
1/4 sdt baking soda

Topping:
butter
susu kental manis
keju parut
cokelat meises

Cara membuat :
1.   Campur jadi satu terigu, gula, baking powder, dan garam.
2.   Masukkan susu sedikit-sedikit sambil di aduk dengan whikser.
3.   Setelah tercampur rata masukkan ragi dan istirahatkan selama 30 menit.
4.   Masukkan telur.  Aduk rata.  Tambahkan mentega cair dan baking powder.  Aduk rata.
5.   Panaskan cetakan (saya pakai cetakan kue lumpur), ambil satu sendok sayur adonan, biarkan sampai adonan mengembang dan berpori-pori (lubang-lubang kecil), kemudian tutup dan masak hingga matang.
6.   Angkat martabak dari cetakan dan beri olesan butter, kemudian beri susu kental manis dan keju atau meises atau topping sesuai selera. 




2 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...