Pages

Selasa, 15 September 2015

Bakso Goreng


Minggu kemarin udara di Medan dan sekitarnya sedang gak baik (ada yang ngirimin asap ni…:p), dan kebetulan saya juga gak ada acara yang mengharuskan saya harus keluar rumah. Iseng-iseng buka buku resep nyari resep camilan yang gampang dibuat dan kelihatannya enak (kesimpulan singkat berdasarkan bahan yang digunakan…heh).  Setelah bukunya dibolak-balik akhirnya pilihan saya jatuh ke resep bakso goreng.  Kebetulan hampir semua bahannya ada. Bahkan bahan yang ‘aneh’ semisal kulit ayam pun saya punya :D  Maksud saya aneh tuh, kan jarang-jarang ya ada orang yang nyetok kulit ayam di kulkasnya.  Karena bahan yang satu ini memang termasuk bahan yang jarang digunakan untuk memasak.  Kecuali untuk keperluan tertentu seperti membuat minyak ayam seperti niatan saya sebelumnya.  Cuma satu bahan yang saya gak punya dari resep, yaitu udang.  Tapi itu gampang lah, bisa diganti dengan daging ayam aja.

Alhamdulillah, hasilnya memang enak, beda dengan bakso goreng yang dijual abang-abang.  Kalau yang dibeli kan biasanya agak kopong karena bagian dalam baksonya menciut, nah, kalau yang dibuat ini gak kopong samasekali alias padat.  Oya, menggorengnya jangan dengan api gede ya.  Ntar luarnya gosong sementara bagian dalamnya masih mentah.  Panaskan minyak terlebih dahulu, lalu kecilkan apinya dan goreng baksonya dengan api kecil sampai kecoklatan dan matang.  Selamat mencoba…! :D



Bakso Goreng
(Sumber: Buku ‘Snack Goreng Laris Dijual’ (saji))

Bahan:
200 gr ayam giling
100 gr udang, cincang
100 gr kulit ayam, cincang halus
2 siung bawang putih, haluskan
25 gr ebi, sangrai, haluskan
2 sdt minyak wijen
1 sdt kecap ikan
½ sdt penyedap rasa
½ sdt garam
½ sdt merica bubuk
¼ sdt gula pasir
2 btr telur ayam
100 ml air es
1 sdt baking powder
250 gr tepung sagu
Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:
1.   Campur daging ayam, udang, kulit ayam, bawang putih, ebi, minyak wijen, kecap ikan, penyedap, garam, merica dan gula.  Uleni rata.
2.   Tambahkan telur dan air es.  Aduk rata.  Masukkan tepung sagu dan baking powder.  Aduk rata.
3.   Bentuk bola-bola dengan bantuan 2 buah sendok.
4.   Goreng dalam minyak panas dengan api kecil sampai matang.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...