Pages

Minggu, 18 Oktober 2015

Cheesy Bitterballen


Akhir pekan begini,  apalagi di luar sedang hujan, enaknya sih sebenarnya meringkuk di sofa sambil membaca novel detektif favorit saya ditemani dengan secangkir cokelat panas.  Ahhh…  suasananya sangat mendukung untuk bermalas-malasan :)  Tapi entah kenapa mood saya tidak seperti itu.  Melihat ada kentang dan daging cincang nganggur di freezer, rasanya ingin dibikinkan sesuatu.  Sesuatu yang membuatnya mudah, gak repot, gak lama, tapi sudah pasti enak….  Maka jadilah bitterballen ini… Hehehe….kayak sulap aja ya…  Snack ini memang mudah kok membuatnya, baca aja bahan dan resepnya di bawah ini, dan jangan lupa segera dieksekusi ya.  Tapi, sssst…jangan berisik!  Saya mau lanjutin membaca…! Happy cooking…!


Cheesy Bitterballen
sumber: situs seleranusantara

Bahan:
Margarin secukupnya untuk menumis
½ bh bawang bombay, cincang halus
3 siung bawang putih, cincang halus
50 gr terigu protein sedang
150 gr susu cair
250 gr kentang kukus, haluskan
75 gr keju cheddar, parut
350 gr daging sapi giling, tumis dengan sedkit margarin sampai matang
1 sdt garam halus
½ sdt gula pasir
1 sdt merica bubuk
2 sdm daun seledri cincang

Bahan paniran:
Putih telur
Tepung panir kasar/breadcrumb

Cara membuat:
1.   Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum.  Kecilkan api kompor.  Masukkan terigu.  Aduk sampai berbutir-butir.  Tambahkan susu cair.  Aduk sampai rata dan licin.  Matikan api.
2.   Masukkan kentang, daging dan keju.  Aduk rata.  Tambahkan garam, gula, merica dan daun seledri.  Aduk rata.
3.   Ambil sesndok adonan.  Bulatkan.  Celupkan ke putih telur dan gulingkan di tepung panir.  Simpan sebentar di kulkas.  Goreng sampai kecokelatan.




Minggu, 11 Oktober 2015

Cake Tape Keju


Sebenarnya saya bukan penyuka tape, tapi dibilang benci sih juga gak. Biasa aja lah saya dengan tape ini.  Seumur-umur baru dua kali saya membuat cake tape, termasuk cake yang saya posting ini. Tapi apa daya beberapa hari belakangan ini teman-teman fb saya sering banget posting cake dan prol tape di lamannya masing-masing.  Pakai dikasih testimoni lagi,  begitu legit….begini enak….aduhai deh pokoknya.  Meski awalnya saya gak tertarik, kan penasaran juga akhirnya…hahaha.  Karena itulah ketika ke supermarket kemarin saya sengaja beli tape 1 box aja, sekitar 200gr beratnya, ingin diolah menjadi cake tape rencananya.


Kalau kalian orang yang sukaaa banget dengan tape, dan suka dengan cake tape yang berasa banget tapenya, saya rasa cake ini bukan tipe kalian deh.  Mending bikin prol aja yang pemakaian tapenya lbh banyak.  Kalau cake ini aroma tapenya samar, gak terlalu berasa.  Tapi kalau saya sih suka :)  Tape dipadu dengan keju rasanya ternyata pas banget, dan meski cake ini dibuat dengan metode butter type, teksturnya lembut dan gak seret.  I like it!


Di resep aslinya loyang yang dipakai untuk cake ini adalah satu buah loyang loaf, tapi karena saya gak punya loyang yang sesuai, akhirnya saya pakai loyang yang saya punya aja, dan hasilnya adalah 3 loyang loaf kecil cake tape dan 10 buah cupcake.  Kesemua cake saya oven bersamaan, setelah 25 menit yang di loyang cupcake saya keluarkan dan yang di loyang loaf terus dioven sampai 45 menit. 

Cake Tape Keju
sumber: sajiansedap.com yang sedikit saya modifikasi

Bahan:
250 gr margarin (saya: 125 gr butter + 125 gr margarin)
150 gr gula pasir halus
200 gr tape singkong
1 sachet (40 gr) susu kental manis
5 btr telur
275 gr terigu
1 sdt baking powder
50 ml susu cair
75 gr keju cheddar, parut

Topping: keju cheddar parut secukupnya

Cara membuat:
1.   Campur tape dan SKM lalu haluskan.  Sisihkan
2.   Kocok margarin dan gula pasir sampai lembut dan mengembang (± 8 menit).  Tambahkan campuran tape dan SKM.  Kocok rata.
3.   Masukkan telur satu per satu bergantian dengan sebagian tepung terigu sambil diayak dan dikocok perlahan.
4.   Masukkan sisa terigu dan baking powder bergantian dengan susu cair.  Kocok rata.  Tarakhir masukkan keju cheddar.  Aduk rata.
5.   Tuang adonan ke loyang loaf, taburi atasnya dengan keju cheddar parut.  Oven dengan suhu 180°C selama ± 45 menit sampai matang. 






Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...